HORMATI ORANG TUA


       Hay semuanya, kembali lagi bersama saya Adji Zaenal. Oke, saya akan membahas tentang menghormati orang tua. Jujur saja saya juga bukan orang baik yang tak punya salah kepada orang tua, Saya juga pernah membantah, menolak ketika beliau menyuruh sesuatu, dan yang paling saya sesali saat ini yaitu melawan beliau (ma, minta maaf ya).

       Menghormati orang tua itu bukan hormat seperti upara bendera, beda lagi. Menghormati orang tua itu sama halnya dengan menghargai beliau yang usianya diatas kita. Harga disini bukan dibayar pake duit, tapi dibayar dengan respon, orang baik pasti direspon baik juga dan begitu pula kebalikannya.

       Orang tua itu bukan hanya Ibu-bapak dan kakek-nenek aja, tapi banyak. Seperti: Kakak, bibi, paman, tetangga, kakak kelas, dan yang paling berjasa dalam hidup kita yaitu guru. Merekalah yang patut kita hormati.

       Gak mahal kok untuk bisa menghormati orang tua, cukup berbuat baik saja dan menuruti keinginannya, walau pun mereka bawel tapi ya itu buat kebaikan kita sendiri, mereka lebih tau mana yang baik dan yang kurang baik untuk kita.

       hormatnya kepada orang tua saja, truss anak kecil di tindas gitu??? Bukan begitu juga kali, anak kecil juga harus kita hormati dan kita sayangi, dan jikalau mereka berbuat salah maka kita harus bisa memperingatinya dengan bahasa yang lemas bukan bahasa yang kasar karena itu akan membuatnya sakit hati.

       Hormati orang tua itu tak sesulit matematika, tak semahal emas 2 karat, dan juga tak semudah apa yang dipikirkan. Berikut dibawah ini saya akan memberikan beberapa contoh menghormati orang tua dari hal-hal sepele:

1. SALAMAN
       Salaman lah hendak mau pergi ke sekolah atau kemana pun, karena itu bentuk penghormatan kepada beliau.

2. TURUTI KEINGINANNYA
        Ketika orang tua kita hendak menyuruh sesuatu, contohnya menyuruh membelikan garam ke warung terdekat, ya kita turuti dengan hati yang ikhlas, kalau tidak bisa ya kita menolaknya dengan baik-baik, usahakan harus bisa.

3. SOPAN SANTUN
       Hal yang paling penting ini adalah sopan santun, perilaku kita harus begitu kepada orang tua, percuma kita menuruti ke inginannya jika kita tidak sopan terhadapnya.

       Sekian dari saya, semoga ini bermanfaat dan jangan lupa share. Thank you for your attention and i'am sorry for all mistake, babay....

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

8 Responses to "HORMATI ORANG TUA"

  1. Memang selayaknya harus demikian gan bagi anak muda

    ReplyDelete
  2. memang itu sudah jadi kewajiban bagi seorang anak untuk berbakti kepada orang tua

    ReplyDelete
  3. memang udh dasarnya kewajiban kita sih buat ngehornati orang tua, Nice Gan!

    ReplyDelete
  4. tambahan
    4. Mendoakan Orang Tua

    ReplyDelete
  5. Bener tuh min,kadang kadang anak-anak/remaja suka ngabaikan rasa hormat kepada orang tua nih

    ReplyDelete
  6. nice artikel gan... memang kita wajib patuh bkpda ortu

    ReplyDelete
  7. Keren gan semoga bermanfaat buat yg lain. Salam blogger Indonesia. Jan lupa berkunjung hehe

    ReplyDelete